TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DI BLOG SAYA,BACA TIDAK BACA TETAP "TERIMA KASIH"

Rabu, 10 November 2010

Analisis Lingkungan Pemasaran

Lingkungan Pemasaran

Perusahaan-perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang dapat mengenali dan bereaksi secara menguntungkan terhadap kebutuhan-kebutuhan dan kecenderungan-kecenderungan yang belum terpenuhi dalam lingkungannya.

Bahkan dalam perekonomian yang pertumbuhannya lambat, sejumlah individu dan perusahaan mampu menciptakan solusi-solusi baru terhadap kebutuhan yang belum terpenuhi.

Peluang-peluang juga ditemukan melalui identifikasi kecenderungan yang terjadi. Kecenderungan adalah suatu arah atau urutan kejadian yang memiliki momentum dan jangka waktu tertentu.

Kita harus membedakan antara suatu mode, kecenderungan dan mega trend. Mode bersifat “ tidak terduga, jangka pendek, dan tidak penting secara sosial, ekonomis dan politis”.

John Naisbitt, seorang pakar masa depan lain, lebih suka berbicara mengenai mega trend, dimana merupakan “ perubahan sosial, ekonomi, politik, dan teknologi yang lebih luas, lebih lambat terbentuknya, dan bila suatu saat terbentuk, kecenderungan mega akan mempengaruhi kita untuk suatu waktu antara 7 sampai dengan 10 tahun, atau lebih.

Kecenderungan dan mega trend ini memang pantas mendapatkan perhatian khusus para pemasar. Suatu produk atau program pemasaran baru kemungkinan akan lebih berhasil jika sesuai dengan kecenderungan yang kuat daripada melawannya.

Menguraikan dan Menanggapi kekuatan Lingkungan Makro Perusahaan

Perusahaan dan pemasok mereka, perantara pemasaran, pelanggan, pesaing dan masyarakat semua bekerja dalam suatu lingkungan makro yang lebih besar yang membentuk peluang dan menimbulkan ancaman.

Didalam lingkungan global yang berubah dengan cepat, perusahaan harus memonitor enam kekuatan utama, yaitu kekuatan demografi, ekonomi, alam, teknologi politik dan budaya.

Lingkungan Demografi

Para pemasar sangat tertarik dengan ukuran dan tingkat pertumbuhan populasi dalam kota, wilayah, dan negara yang berbeda; distribusi umur dan distribusi etnis; tingkat pendidikan; pola rumah tangga; serta karakteristik dan gerakan regional

Pertumbuhan Populasi Dunia yang Meledak

Peledakan populasi dunia telah menjadi perhatian utama pemerintah dan berbagai perkumpulan diseluruh dunia. Dua faktor mendasari perhatian ini. Yang pertama adalah keterbatasan sumber daya bumi untuk mendukung kehidupan dunia yang sedemikian besar., terutama pada standar kehidupan yang mewakili aspirasi kebanyakan orang. Penyebab kedua perhatian ini adalah bahwa pertumbuhan populasi yang tertinggi ada di negara-negara dan masyarakat yang paling tidak mampu menghadapinya.

Distribusi Umur Populasi Menentukan Kebutuhan

Populasi negara-negara berbeda dalam distribusi usianya. Suatu populasi dapat dikelompokan menjadi 6 kelompok umur : pra-sekolah; anak usia sekolah; remaja; pemuda berusia 25-40 tahun; penduduk usia menengah antara 40-64 tahun; dan penduduk tua berusia 65 tahun ke atas. Bagi pemasar, ini memberikan tanda-tanda mengenai jenis-jenis produk dan jasa yang akan mempunyai permintaan tinggi untuk beberapa tahun berikutnya.

Pasar Etnis

Negara-negara berbeda dalam etnis dan ras. Jepang berada pada satu ekstrim dimana hampir setiap orang adalah bangsa Jepang, dan Amerika Serikat pada ektrim yang lain terdiri dari penduduk dari hampir semua bangsa. Populasi bangsa asia juga berkembang, orang Cina merupakan kelompok yang terbesar, diikuti oleh orang Filifina, Jepang, India, Korea. Konsumen-konsumen Hispanis dan Asia terkonsentrasi di wilayah Amerika bagian paling Barat dan selatan.

Walaupun terdapat bebrapa penyebaran terjadi. Setiap kelompok populasi memiliki keinginan dan kebiasaan belanja tertentu. Beberapa perusahaan makanan, pakaian dan perabot telah mengarahkan produk dan promosi mereka kepada satu atau lebih kelompok tersebut.

Kelompok Pendidikan

Manusia semakin menyadari bahwa kekayaan tertinggi suatu bangsa bukan terletak pada sumber daya alam tetapi pada sumber daya manusianya. Orang-orang dengan pendidikan rendah memiliki sedikit kesempatan kerja selain pekerjaan yang bersifat manual atau domestik. Negara-negara yang berkeinginan menjadi kompetitor kelas dunia harus berinvestasi dalam penyediaan pendidikan dan pelatihan kerja dunia kepada penduduk mereka.

Pola Rumah tangga

Setiap kelompok memiliki serangkaian kebutuhan dan kebiasaan berbelanja yang berbeda.

Pergeseran Geografis dalam Populasi

Tahun 1990-an adalah periode dengan pergerakan imigrasi yang besar antar negara dan dalam negara. Pergerakan populasi juga terjadi pada waktu-waktu biasa yaitu pada saat orang-orang berpindah dari desa kekota dan kemudian ke daerah pinggiran kota. Tempat tinggal penduduk menimbulkan perbedaan dalam preferensi barang dan jasa mereka.

Pergeseran dari Pasar Masal ke Pasar Mikro

Pengaruh dari semua perubahan ini adalah memecahkan pasar massal menjadi sejumlah pasar mikro, berdasarkan umur, jenis kelamin, latar belakang etnis, pendidikan, geografi, gaya hidup dan sebagainya. Setiap kelompok memiliki preferensi dan karakteristik konsumen yang kuat serta didekati melalui saluran komunikasi dan distribusi yang semakin diarahkan.

Lingkungan Ekonomi

Pasar memerlukan daya beli dan penduduk. Daya beli yang ada didalam suatu perekonomian tergantung pada pendapatan harga, tabungan, hutang dan ketersediaan kredit berjalan. Para pemasar harus memberikan perhatian khusus pada kecenderungan-kecenderungan utama dalam pendapatan dan pola pengeluaran konsumen.

Distribusi Pendapatan

Negara-negara sangat bervariasi dalam tingkat dan distribusi pendapatan. Determinan utama adalah struktur industri negara tersebut. Empat jenis struktur industri dapat dibedakan :

1) Perekonomian Subsistem :

Mayoritas penduduk tergantung pada pertanian sederhana. Mereka mengkonsumsi sebagian besar out put mereka dan menukar sisanya secara barter dengan barang dan jasa yang sederhana, mereka memberikan peluang yang kecil kepada para pemasar.

2) Perekonomian Pengekspor Bahan Baku :

Perekonomian ini kaya akan satu atau lebih sumber daya alam tetapi kurang dalam aspek-aspek lain. Sebagian besar pendapatan mereka berasal dari pengekspor sumber daya alam.

3) Perekonomian industrialisasi

Dalam perekonomian yang sedang dalam proses industrialisasi, manufaktur mulai memberikan 10 sampai dengan 20 % pendapatan nasional bruto negara tersebut.

4) Perekonomian Industri

Perekonomian industri merupakan pengekspor utama barang manufaktur dan dana investasi. Mereka saling memperjualbelikan barang manufaktur dan juga mengekspornya ke negara lain untuk memperoleh bahan mentah dan barang setengah jadi. Kegiatan manufaktur yang besar bervariasi dari negara-negara industri ini dan penduduk kelas menengah mereka yang besar bagi mereka menjadi pasar yang bagus untuk semua jenis barang.

Distribusi pendapatan berhubungan dengan struktur industri. Suatu bangsa tetap juga dipengaruhi oleh sistem politik. Para pemasar membedakan negara-negara menjadi pola distribusi :

1. Pendapatan sangat rendah

2. Sebagian besar pendapatan rendah

3. Pendapatan sangat rendah dan sangat tinggi

4. Pendapatan rendah, menengah dan tinggi

5. Sebagian besar pendapatan menengah.

Tabungan, Hutang, dan Ketersediaan Kredit

Para pemasar harus memberikan perhatian lebih pada setiap perubahan utama dalam pendapatan, biaya hidup, suku bunga, tabungan dan pola pinjaman karena mereka dapat mempunyai dampak yang besar, terutama pada perusahaan dengan produk yang memiliki sensitivitas pendapatan dan harga yang tinggi.

Lingkungan Alam

Kemerosotan kondisi lingkungan alam tampaknya menjadi salah satu isu yang dihadapi dunia usaha dan masyarakat tahun 1990 – an. Pada banyak kota didunia, polusi udara dan air telah mencapai tingkat yang membahayakan. Terdapat perhatian yang besar mengenai bahan kimia industri yang menyebabkan lubang pada lapisan ozon yang menimbulkan “efek rumah kaca”, pemanasan global yang membahayakan. Di Eropa Barat, partai-partai “hijau” dengan bersemangat telah mendesak tindakan untuk mengurangi polusi industri.

Lingkungan Teknologi

Kekuatan paling dramatis yang membentuk kehidupan manusia adalah teknologi.Setiap teknologi baru merupakan suatu kekuatan untuk “penghancur kreatif”, tingkat pertumbuhan ekonomi dipengaruhi oleh berapa banyak teknologi baru utama ditemukan.

Pemasar harus memperhatikan trend-trend berikut dalam teknologi :

· Langkah perubahan teknologi yang semakin cepat

· Kesempatan Inovasi yang tidak terbatas

· Anggaran riset dan pengembangan yang bervariasi

· Regulasi yang meningkat atas perubahan teknologi.

Lingkungan Politik

Keputusan pemasaran sangat dipengaruhi oleh perkembangan dalam lingkungan politis. Lingkungan ini terdiri sari hukum, badan pemerintah, dan kelompok berpengaruh yang mempengaruhi dan membatasi berbagai organisasi dan individu dalam masyarakat. Suatu pembatasan atas kecenderungan politik utama dan implikasinya terhadap manajemen pemasaran adalah sebagai berikut :

· Jumlah yang substansial dari hukum yang mengatur bisnis

Hukum yang mempengaruhi bisnis telah meningkat secara mantap tahun demi tahun. Komisi Eropa telah aktif dalam membentuk kerangka kerja hukum baru yang mencakup perilaku bersaing, standar produk, tanggung jawab produk, dan transaksi komersial untuk ke–12 negara masyarakat Eropa. Amerika Serikat memiliki banyak hukum yang mencakup isu-isu seperti persaingan, keamanan, tanggung jawab produk, praktek perdagangan dan kredit yang adil, pengemasan dan pemberian tabel dan sebagainya.

Pengaturan bisnis mempunyai sejumlah maksud :

1. Untuk melindungi perusahaan satu sama lain

2. Melindungi konsumen dari praktek bisnis yang tidak adil

3. Melindungi kepentingan masyarakat dari perilaku bisnis yang tidak terkendalikan.

· Pertumbuhan kelompok kelompok kepentingan umum

Komite-komite tindakan politis melobi pejabat pemerintah dan menekan eksekutif bisnis untuk memberikan lebih banyak perhatian kepada hak konsumen, hak wanita, hak penduduk lanjut usia, hak kaum minoritas, hak kaum homo, dan sebagainya. Banyak perusahaan telah membentuk departemen hubungan masyarakat untuk menhadapi kelompok dan masalah tersebut.

Undang-undang baru dan jumlah kelompok berpengaruh yang telah meningkat menempatkan lebih banyak pengekangan terhadap para pemasar. Para pemasar harus menjelaskan rencana-rencana mereka melalui departemen hukum dan hubungan masyarakat. Transaksi pemasaran pribadi telah bergerak menuju dominasi publik.

Lingkungan Kebudayaan

Masyarakat membentuk kepercayaan, tata nilai dan norma dasar penduduk. Hampir tanpa disadari, penduduk menyerap suatu pandangan dunia yang menentukan hubungan mereka dengan diri sendiri, dengan yang lain, dengan alam dan dengan semesta ini. Berikut adalah beberapa dari karakteristik budaya dan kecenderungan-kecenderungan kepentingan bagi para pemasar.

· Nilai budaya dasar memiliki tingkat kemapanan tinggi

Penduduk yang tinggal didalam masyarakat tertentu mempertahankan banyak kepercayaan dan tata nilai dasar. Kebanyakan orang Amerika masih percaya dalam bekerja, membina keluarga, memberikan derma dan bersikap jujur. Kepercayaan dan tata nilai dasar diteruskan dari orang tua kepada anak dan diperkuat oleh lembaga-lembaga sosial utama-sekolah, gereja, dunia usaha dan pemerintah.

· Setiap kebudayaan terdiri dari sub-sub kebudayaan

Setiap masyarakat terdiri dari sub-sub kebudayaan, yaitu berbagai kelompok dengan tata nilai sama yang timbul dari pengalaman hidup atau keadaan khusus mereka.

· Nilai budaya skunder mengalami pergeseran sepanjang waktu

Walaupun tata nilai dasar bersifat cukup mapan, perubahan-perubahan kecil dari kebudayaan terjadi. Para pemasar mempunyai kepentingan dalam memperhatikan pergeseran budaya yang mungkin menimbulkan kesempatan atau ancaman pemasaran baru.

sumber :http://igit.wordpress.com/2007/05/05/menganalisis-lingkungan-pemasaran/

http://google.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar