TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DI BLOG SAYA,BACA TIDAK BACA TETAP "TERIMA KASIH"

Minggu, 10 April 2011

Cerita tentang wiki leak

Cerita tentang wiki leak BI 2

WikiLeaks atau Wikileaks adalah organisasi internasional yang bermarkas di Swedia. Situs Wikileaks menerbitkan dokumen-dokumen rahasia sambil menjaga kerahasiaan sumber-sumbernya. Situs tersebut diluncurkan pada tahun 2006.
Organisasi ini didirikan oleh disiden politik Cina, dan juga jurnalis, matematikawan, dan teknolog dari Amerika Serikat, Taiwan, Eropa, Australia, dan Afrika Selatan. Artikel koran dan majalah The New Yorker mendeskripsikan Julian Assange, seorang jurnalis dan aktivis internet Australia, sebagai direktur Wikileaks.
Sejumlah data rahasia negera-negara hasil dokumentasi Amerika Serikat telah tersebar di dunia maya. WikiLeaks adalah sang penyebar informasi tersebut. Berikut ini adalah rincian jumlah dokumen yang dipastikan sudah menjadi informasi publik.Ada 3.059 dokumen penting rahasia Amerika tentang Indonesia yang disusun Kedubes AS di Jakarta [baca: Ribuan Dokumen AS Tentang Indonesia Dibocorkan WikiLeaks]. Di antaranya ada laporan Congressional Research Service; Report RS21874 tentang hasil Pemilu 2004 Indonesia.

WIKILEAKS layak mendapat perlindungan, bukan ancaman maupun serangan.

Tahun 1958 Rupert Murdoch belia, waktu itu adalah pemilik dan editor The News di Adelaide, menulis: "Dalam perlombaan antara kerahasiaan dengan kebenaran, kelihatannya tidak terelakkan bahwa kebenaran selalu menang."

Pengamatan dia bisa jadi menggambarkan pengungkapan yang dilakukan oleh ayahnya, Keith Murdoch, bahwa pasukan Australia dulu dikorbankan secara tidak pantas karena ketidakmampuan komandan Inggris di pantai Gallipoli. Pihak Inggris waktu itu berusaha membungkam Keith Murdoch, tapi dia menolak untuk bungkam dan upaya dia menghasilkan penghentian kampanye Gallipoli yang sangat buruk

Hampir seratus tahun kemudian, WikiLeaks juga dengan tanpa takut mempublikasikan fakta-fakta yang perlu diketahui oleh publik.
Saya besar di pinggiran kota Queensland dimana orang-orang biasa menyampaikan pemikiran mereka tanpa tedeng aling-aling. Mereka tidak mempercayai pemerintahan besar sebagai sesuatu yang bisa menyalahgunakan kekuasaan, jiga tidak diawasi secara hati-hati. Masa kelam penyalahgunaan kekuasaan di pemerintahan Queensland sebelum pemeriksaan Fitzgerald adalah bukti dari keadaan ketika para politisi membungkam media sehingga tidak bisa melaporkan kebenaran.

Hal-hal itu selalu saya simpan dalam benak saya. WikiLeaks dilahirkan ditengah keberadaan nilai-nilai utamanya. Idenya, lahir di Australia, adalah untuk menggunakan teknologi internet dengan cara baru untuk melaporkan kebenaran.

WikiLeaks memunculkan jurnalisme tipe baru: Jurnalisme ilmu pengetahuan. Kami bekerja sama dengan berbagai saluran media untuk menyuguhkan berita kepada semua orang, sembari juga membuktikan bahwa berita itu ada bukti nyatanya. Jurnalisme ilmu pengetahuan memampukan Anda untuk membaca laporan berita, lalu meng-klik sebuah tautan untuk melihat dokumen asli yang mendasari berita tersebut. Dengan cara ini, Anda akan bisa menyusun pertimbangan sendiri: Apakah beritanya itu benar? Apakah jurnalisnya melaporkan secara akurat?

Masyarakat demokratis membutuhkan media yang kuat, dan WikiLeaks adalah bagian dari media tersebut. Media membantu pemerintah berlaku jujur. WikiLeaks telah menyingkapkan beberapa kebenaran yang menyakitkan mengenai perang Irak dan Afghanistan, dan membongkar kisah mengenai korupsi yang dilakukan perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar